You are here:

Inflasi Dua Tahun ke Depan Rendah

PDFCetakEmail

(MaI) - Bank Indonesia meyakini inflasi dalam dua tahun ke depan akan tetap rendah dan berada pada kisaran 3,5 - 5,5 persen.

"Perkiraan Bank Indonesia (BI) pada tahun 2012 dan 2013 inflasi tetap rendah, karena ada kecenderungan harga komoditas dunia di luar minyak akan turun sekitar 12,48 persen pada 2012," kata Direktur Direktorat Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter BI, Perry Warjiyo di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, inflasi hingga akhir 2012 tanpa ada pengaruh kebijakan pemerintah (administered price) akan berada di posisi 3,96 persen.

Sementara jika pemerintah jadi menaikkan tarif dasar listrik (TDL) 10 persen, inflasi akan bertambah 0,2 persen. Sedangkan jika harga harga pembelian pemerintah (HPP) beras dinaikkan, akan menambah inflasi 0,1 persen.

Jika pemerintah jadi mengeluarkan kebijakan pembatasan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, lanjut Perry akan menambah inflasi 0,7 persen.

"Sementara jika yang diambil kebijakan menaikkan harga BBM bersubsidi Rp500 dampak inflasi langsungnya sekitar 0,3 persen," katanya.

Semua tambahan inflasi dari "administered price" itu jika jadi dilansir pemerintah belum akan keluar dari kisaran inflasi yang ditargetkan BI 3,5 - 5,5 persen pada 2012 - 2013.

Dengan perkiraan inflasi rendah itulah, lanjutnya, BI berani memutuskan untuk kembali menurunkan BI rate pekan lalu menjadi 5,75 persen dengan pertimbangan akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional yang diperkirakan akan melambat karena pengaruh krisis keuangan Eropa.

"Pertumbuhan ekonomi nasional diperkirakan mengarah pada batas bawah 6,3 - 6,7 persen. Jika tidak ada langkah stimulus fiskal dan moneter pertumbuhan ekonomi 2012 diperkirakan 6,3 persen," katanya.

BI juga mengharapkan penurunan BI rate diikuti penurunan suku bunga kredit perbankan yang akan memberikan stimulus bagi pertumbuhan ekonomi nasional. (Ant/MaI)

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com