You are here:

Cadangan Devisa April Melonjak Jadi US$114 M

PDFCetakEmail

DEPOK (MaI) - Bank Indonesia menyatakan bahwa cadangan devisa April ini mengalami kenaikan dibandingkan akhir Maret. Naiknya cadangan devisa ini tak lain karena banyaknya investor asing yang masuk ke Indonesia. Direktur Grup Kebijakan Moneter Bank Indonesia Juda Agung mengatakan posisi cadangan devisa pada akhir April terpantau US$114,9 miliar atau setara dengan 7,75 bulan impor dan  pembayaran utang luar negeri pemerintah.

"Selain karena masuknya portofolio investasi asing, naiknya cadangan devisa juga karena adanya pemasukan dari devisa hasil ekspor," kata Juda dalam pelatihan wartawan Bank Indonesia, di Bandung, 28 April 2012

Pada akhir Maret, cadangan devisa Indonesia hanya US$110,5 miliar atau hanya mencukupi pembiayaan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah selama 6,12 bulan. Karena itu, Juda juga menegaskan bahwa cadangan devisa masih cukup aman menopang pertumbuhan ekonomi ke depan.

"Rasio  utang jangka pendek luar negeri dibandingkan cadangan devisa juga menunjukkan pada tingkat yang aman," katanya.

Sekadar infomasi, Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi periode Januari hingga Maret sebesar Rp71,2 triliun. Pemodal asing masih mendominasi investasi ini, yakni Rp51,5 triliun, sedangkan investor lokalnya hanya Rp19,7 triliun.

"Dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, investasi ini tumbuh 32,8 persen," kata Kepala BKPM Gita Wirjawan di Jakarta, Senin 23 April. Realisasi investasi di luar Pulau Jawa sebesar Rp33,6 triliun atau 47,2 persen dari total investasi. Jika dibandingkan tahun lalu, investasi di wilayah ini tumbuh 41,8 persen. Gita menuturkan, peningkatan invetasi di luar Pulau Jawa ini menunjukkan pemerataan ke seluruh wilayah. "Ini cukup menggembirakan," kata Gita.

"Kami yakin dengan percepatan pembangunan infrastruktur termasuk penyediaan listrik dan gas akan terjadi peningkatan dan penyebaran investasi yang lebih besar pada masa yang akan datang. (Vv/M.Asri/MaI)

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com