You are here:

Rosidah Pembuat Donat dari Kampung

PDFCetakEmail

Panggil saja saya, Rosidah. Orang kampung, yang berdagang donat kampung di sebuah kedai kecil berukuran 3x3 meter, di kota Jombang, Jawa Timur. Tidak terlalu tinggi, dan cenderung ramping. Tetapi anugrah dari Tuhan Yang Maha Penguasa Alam Semesta ini, justru memberikan semangat luar biasa untuk menaklukkan terigu Bogasari dan meramunya menjadi donat bercita rasa sempurna berkelas dunia, hanya dengan alat hand mixer, masa demi masa, tahun demi tahun. Melalui jari-jari tangan saya, lebih dari 8 tahun sudah tergenggam dasyat berbagai sifat tepung terigu buatan Bogasari. Tentu saja, tidaklah berlebihan. Siapa yang tak ngenal kebesaran nama PT. ISM tbk, Bogasari Flour Mills, produsen tepung terigu terbesar dan berkualitas terbaik di Indonesia. Melalui tepung terigu Bogasari itulah, awal sebuah ide saya terinspirasi.

Tahun 2001, kali pertama perjuangan saya untuk mengabarkan kekuatan resep donat kampung kepada dunia. Sebuah perjuangan demi Indonesia, dengan harapan agar generasi ke depan lebih menyintai makanan produk lokal ketimbang produk impor. Tahun 2005, keyakinan saya semakin kuat. Melalui merk Donat Kampoeng Utami (DKU) dan sarana internet, saya semakin percaya diri dan berani untuk melawan arus slogan modern, dan mengabarkan kepada dunia tentang dasyatnya kekuatan donat kampung khas Indonesia buatan saya.

Tak ada terigu, maka tak ada donat. Jari-jari tangan saya menjadi semakin menyatu dengan terigu olahan Bogasari. Jari-jari tangan saya rasanya tak ingin berhenti berkarya. Saya tuangkan ide-ide kreatif itu secara terus-menerus melalui berbagai dough. Dan saya pun akhirnya memilih doughnut, karena cake ini lebih universal ketimbang cake lainnya.

Sungguh, tepung itu semakin hari semakin menginspirasi saya, hingga masuk dalam alam bawah sadar saya. Memacu saya untuk terus-menerus melakukan riset-riset kecil seputar adonan donat. Menggelitik pikiran saya untuk menciptakan racikan donat berkelas internasional. Hanya dari dalam dapur kecil ukuran 1x2 meter saja. Hanya satu fokus saya, sekedar untuk menemukan komposisi racikan adonan donat yang tepat.

Akhirnya saya mendapat inspirasi. Saat semua orang mengatakan tidak mungkin, saya telah mengubahnya menjadi mungkin. Saat semua orang belum memikirkannya, saya telah berani mengawali. Maka terciptalah berbagai klasifikasi kualitas donat, standart-taste, medium-taste, premium-taste. Kemudian di tiap-tiap klasifikasi itu, saya membaginya menjadi sub kelompok lagi yaitu deliciously donut dan perfectly donut.

Racikan itu selalu autorecall, seperti auto video-player dalam alam pikiran saya. Tertulis di dalam brain-disk saya. Komposisi racikan adonan donat yang tepat ini bukanlah kebetulan. Energi besar telah saya curahkan masa demi masa, tahun demi tahun, konsisten dan terus-menerus. Pun akhirnya kebesaran Allah, Tuhan Maha Pencipta, telah memberikan cahaya mata batin saya untuk melihat formula itu.

Tak sia-sia. Sejak tahun 2008, setelah 8 tahun bersungguh-sungguh memodifikasi formula donat berbahan dasar terigu Bogasari, donat kampung buatan saya pun bisa menjadi sangat populer di Indonesia, bahkan beritanya bertebaran di berbagai media cetak, TV, dan internet. Karya donat kampung buatan saya, telah bergerilya dan singgah di berbagai kota di Indonesia. Menjadi donat kampung pertama di Indonesia yang berbahan baku lokal, berkelas internasional.

Di beberapa negara di kawasan Asia Tenggara dengan dukungan investasi dan konsep gerai modern, resep donat kampung hasil kreasi saya malah menjadi pemain resep utama dengan reputasi baik. Dengan daya cipta yang tinggi, lebih dari 60 macam topping dan filling donat premium buatan saya telah berhasil diaplikasikan di beberapa gerai mewah dan digemari para donuts lover.

Meskipun belum mendapat kekuatan investasi untuk membesarkan kedai DKU di negeri sendiri, tapi buah kreativitas itu nyatanya bisa menggurita berkembang di negeri seberang. Ujung jari-jari tangan itu mengisyaratkan, bahwa sebuah impian besar saya bisa menjadi kenyataan. Hingga akhirnya saya diterbangkan dan bertumpuh di sebuah pulau mutiara, di seberang selat Malaka. Terkenal sebagai surga makanan, saya pun menjadi menyukai makanan khas di negeri ini, nasi kandar (sejenis nasi padang) dan roti canai. Takjub, terharu, menangis, senang, dan rasa tak percaya berbaur menjadi satu, saat kali pertama saya ditunjukkan sebuah istana gerai mewah itu telah berdiri kokoh dan megah di hadapan saya. Gerai donut modern setara bangunan bintang 5 itu ternyata wajib menggunakan premix donat premium racikan saya. Seketika saya langsung menangis, sujud syukur dan munajad kepada-Nya melalui sajadah negeri ini.

Kini, beberapa negara di Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Eropa telah kontak saya, menanyakan dan memburu formula donut premium buatan saya. Mengajak dan menawari saya untuk terlibat pada berbagai mega-proyek mereka.

Sungguh, Bogasari telah memberikan energi besar dalam hidup saya. Saya juga tak menyangka karena tahun lalu profil saya juga pernah termuat di Majalah Wacana Mitra Edisi Juni 2008, "Nama boleh kampung, tapi kualitas ekspor". Terlebih lagi, saya baru mengetahui berita profil itu dari sahabat saya belakangan hari. Saya semakin yakin pula, bahwa impian besar saya telah semakin dekat dalam pandangan mata batin saya. Sebuah harapan itu yang tak pernah padam. Terima kasih Bogasari. Sungguh besar jasamu untuk Indonesia.

 

Salam,

Rosidah W. Utami

Donat Kampoeng Utami

Griya Indah AA-2 Jombang, Jawa Timur, 61415

Telp. 0321-864285, HP: 0858.5035.8188

Email: This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

sumber: http://www.bogasari.com/zona-mitra/baca-testimoni.aspx?t=terinspirasi-bogasari--kini-dunia-di-ujung-jari


Newer news items:

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com