You are here:

Medsos Berpengaruh Tentukan Bupati Terpilih

PDFCetakEmail

Ngamprah, Maklumat-Independen.Com  – Peran media sosial (medsos) dalam Pilkada Kabupaten Bandung Barat akan berdampak signifikan untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2018-2023. Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat Iing Nurdin, media sosial akan berpengaruh besar.

 

 

Menurut Iing, kendati masyarakat KBB cenderung pemilih tradisional, namun dampak derasnya informasi melalui media sosial akan berperan, khususnya bagi pemilih pemula dalam menentukan bakal calon kepala daerah di KBB mendatang. “Apalagi pemilih pemula itu rata-rata anak muda yang sehari-hari bergaul dengan medsos. Dengan memberikan informasi lewat medsos tersebut yang tadinya belum memiliki pilihan akan dengan cepat memiliki pilihan,” ujarnya.

Meski demikian, menurut Iing, semua pengguna medsos untuk bijak serta memberikan informasi yang tidak menjadi pemicu konflik baik vertikal maupun horisontal. Apalagi, pasca Pilkada DKI, saat ini masih ada saling serang mengusung isu SARA di media sosial. Iing mengatakan, saat ini masyarakat KBB cukup homogen, dan tidak semajemuk di Jakarta. Namun, bukan tidak mungkin isu dan kasus Pilkada Jakarta, akan berdampak juga di daerah. Di media sosial kasus tersebut sudah menjadi informasi setiap hari. “Mudah-mudahan di KBB tidak terjadi, karena itu akan berimbas pada konflik horisontal masyarakat. Karena tidak menutup kemungkinan akan adanya provokasi di media sosial dalam Pilkada nanti, imbasnya berpengaruh terhadap masyarakat,” jelasnya.

Iing menambahkan, di KBB beberapa relawan sejumlah bakal calon pun saat ini sudah ada yang mulai memperkenalkan diri melalui media sosial. Menurutnya menjadi tugas KPU bagaimana nanti agar masyarakat bisa menjadi pemilih rasional dan bukan emosional. “Penggunaan medsos jangan sampai memancing perpecahan dan perselisihan di tengah masyarakat. Tapi, harus digunakan pada hal positif,” ungkapnya. [Jabarekspres]


Newer news items:
Older news items:

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com