You are here:

KAPAL PUKAT RUGIKAN NELAYAN

PDFCetakEmail

TANGKAPAN IKAN

Kuala Tanjung (MaI)-Perairan Kuala Tanjung sejak dulu dikenal kaya dengan hasil laut dan menjadi lokasi penangkapan ikan bagi para nelayan tradisional secara turun temurun. Diperkirakan lebih ada 1.000 nelayan yang bermukim di kecamatan Sei Suka dan Medang Deras menggantungan hidupnya dari perairan ini. Namun, kini ketenangan mereka terusik dengan kehadiran kapal-kapal pukat yang beroperasi menangkap ikan memasuki perairan dangkal di Kuala Tanjung.

Masuknya berbagai jenis kapal pukat seperti pukat gerandong, pukat harimau, pukat tarik, ataupun pukat sondongberimbas pada menurunnya hasil tangkapan nelayan tradisonal. “Kapal-kapal pukat itu berasal dari luar daerah kami.Mereka mengeruk ikan yang menjadi sumber penghidupan nelayan disini. Akibatnya hasil tangkapan sedikit, dan pendapatan kami menurun,” seperti diungkapkan Ketua Kelompok Nelayan Jasa Bersama desa Lalang, Chaidir. Menurutnya, biasanya para nelayan bisa memperoleh hasil rata-rata sekitar Rp 200 ribu lebih per hari, namun kini mereka paling minim hanya mendapatkan Rp 50 ribu saja. “Sekarang kami mendapatkan Rp 50 ribu saja sudah susah,” katanya.

Dikisahkan Chaidir bahwa masyarakat nelayan sebetulnya sudah berupaya melaporkan permasalahan ini ke pihak terkait termasuk ke Pos TNI AL di Tanjung Tiram, namun pengaduan masyarakat terkesan diabaikan. Padahal, menurut Chaidir, berdasarkan ketentuan Permen No.18 tahun 2013, kapal pukat dilarang beroperasi di perairan dangkal dalam radius 3 mil laut. “Beroperasinya kapal pukat di dalam perairan 3 mil laut sudah menyalahi aturan, karena kawasan ini diperuntukkan bagi nelayan tradisional,” tegas Chaidir.

Sejumlah nelayan menuturkan, kehadiran kapal pukat pun menyebabkan kerusakan ekosistem habitat ikan di perairan Kuala Tanjung sehingga hasil tangkapan nelayan tradisional menurun drastis. Seperti dikeluhkan nelayan Kuala Tanjung Arifin, “Jaring pukat yang mereka tebar menyentuh dasar laut pesisir Kuala Tanjung. Ketika jaring pukat ditarik, tempat-tempat terumbu hunian ikan ikut menjadi rusak terkena jaring. Bahkan perangkap bubu ikan yang dipasang nelayan ikut menjadi rusak atau hilang tersangkut jaring mereka,” ujarnya.

Keluhan senada diceritakan pula oleh nelayan di desa Kuala Indah, namun mereka hanya bisa pasrah karena ketika pergi melaporkan keberadaan kapal pukat malah mendapat jawaban yang tidak mengenakkan. “Kami pergi melapor ke Pos TNI AL, malah oknum disana menjawab sudahlah, laut kan tidak ada yang punya. Kalian sama-sama lah menangkap ikan,” tutur warga nelayan desa Kuala Indah, yang mencurigai oknum petugas mendapat upeti dari pengusaha kapal pukat.

Dari pengamatan wartawan MaI, permasalahan kapal pukat di Kuala Tanjung ini memang sudah dikeluhkan sejak lama. Bahkan pada Desember 2013 di Tanjung Tiram, terjadi peristiwa pembakaran terhadap Pos TNI AL Tanjung Tiram dan menyebabkan kerusakan kantor berikut satu unit kapal patroli laut. Menurut warga nelayan, peristiwa itu terjadi menyusul bentrokan antara nelayan tradisional dengan nelayan kapal pukat yang tidak segera mendapat perhatian dan penyelesaian dari instansi terkait. (ANDO/MaI.com)


Related news items:
Newer news items:
Older news items:

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com