You are here:

JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA

PDFCetakEmail

hyun bin SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa di Korea Selatan harus menjalani wajib militer. Tak terkecuali para selebriti yang sedang berada di puncak karier. Mereka pun harus meninggalkan dunia hiburan dan nama panggung mereka untuk panggilan negaranya sementara waktu.

Contoh saja Jung Ji Hoon atau populer dengan nama Rain. Rain bergabung dengan ketentaraan Korea 11 Oktober 2011 lalu. Sebulan setelah bergabung, Rain pun menyempatkan diri menulis surat untuk para fansnya.

Pada fansnya, Rain menyatakan menerima dan membaca surat-surat dari fans yang dikirimkan padanya. Rain juga bercerita sulitnya hidup di kamp wajib militer. Ia juga hidup di antara para tentara yang lebih muda 7 sampai 11 tahun.

"Aku pikir mereka senang meminta saran dariku tentang hidup. Kadang aku kesepian dan lelah, kedinginan, dan kelaparan. Tapi aku mencoba belajar menikmati diriku di lingkungan baru ini," ujar Rain dalam suratnya.

Meski merasa tak nyaman, Rain termasuk tentara yang berprestasi. Ia mendapat nilai sempurna untuk tes menembak. Seorang rekannya bahkan menulis surat yang menceritakan bagaimana menyenangkan berteman dengan Rain. Sang teman itu juga bercerita tentang Rain yang meraih poin tertinggi dalam satu minggu sehingga diberi jatah menelepon lebih lama dibanding tentara lain.

Tak jauh berbeda dengan Rain, Hyun Bin juga beprestasi di bidang menembak. Hyun Bin yang keluar 6 Desember 2012, juga aktif mempromosikan angkatan laut Korea dan mengajak anak muda lain bergabung bersamanya.

Tak hanya itu, Hyun Bin juga sempat menulis sebuah buku berisi kesehariannya di kamp. Buku bertitel: I'm a Marine' itu menjelaskan tentang kehidupannya sejak awal mengikuti wajib militer di Korean Marine Corps.

"Aku ingin mencari diriku yang lain saat wajib militer. Bukan sebagai Hyun Bin yang populer atau Kim Tae Pyung. Aku ingin mencari bagian diriku yang belum kuketahui," ujar Hyun Bin dalam bukunya. Kim Tae Pyung adalah nama asli, sementara Hyun Bin adalah nama bekennya.

Berbeda dengan Hyun Bin dan Rain, personel Super Junior Heechul menjalani wajib militernya sebagai petugas pelayanan publik. Akibat kecelakaan yang dialaminya beberapa tahun lalu, Heechul kini bekerja dengan jam kerja seperti pegawai pada umumnya. Ia juga pulang ke rumah dan tidak tinggal di kamp. Karena itu, Heechul masih bisa hang out bersama teman-temannya. Ia juga menyempatkan diri spa, mengunjungi teman, bahkan menonton konser.

Pengecualian seperti itu hanya berlaku bagi orang yang punya riwayat sakit atau sedang mengalami sakit. Setiap orang harus menjalani tes kesehatan dengan hasil dari angka 1 sampai 4. Nilai 1-3 artinya harus menjalani sebagai tentara biasa, sementara nilai 4, harus menjalaninya sebagai petugas pelayanan publik.

Seperti Heechul, personel JYJ Yoochun juga pernah menjalani kewajiban serupa. Yoochun mendapat angka 4 saat tes kesehatan karena asma yang dideritanya. Meski satu per satu selebriti masuk wajib militer, tak sedikit juga yang akhirnya berurusan dengan hukum karena menghindari wajib militer.

Bagaimana untuk di Indonesia, kapankah..? (Dikutip dari berbagai sumber/Red)


Newer news items:
Older news items:

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com