You are here:

Membangun Wawasan Kebangsaan

PDFCetakEmail

CIMAHI (MaI) - Pada 26 Januari 2012 di Gedung Sasana Krida (GSK), Kampus Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani), Jl. Jend. Sudirman, Kota Cimahi berlangsung pelaksanaan Deradikalisasi Kota Cimahi, dengan tema: "Meningkatkan Wawasan Kebangsaan Mahasiswa dan Generasi Muda Indonesia Kontemporer”. Acara ini terselenggara atas kerjasama BEM FISIP Unjani dengan Lembaga Kajian Independen (LKI).

Hadir sebagai pembicara pada kesempatan tersebut, yakni Prof. Dr. Sadu Wasistiono  (Purek IPDN/Guru Besar Ilmu Pemerintahan Unjani),AKP Enjang (Kasat Binmas Polresta Cimahi) dan KRPHHRIS Hadinegoro (Budayawan Unjani). Tampak hadir pada kesempatan tersebut yakni Mayjen TNI (Purn) Heriyono (Rektor Unjani) dan Kristiono, Drs, M.Si    (PD III FISIP Unjani).

AKP Enjang (Kasat Binmas Polresta Cimahi) menyampaikan bahwa mahasiswa di jaman sekarang sudah dihadapkan pada budaya dan kondisi moderen dan serba maju, permasalahan yang berkembang saat ini pun tidak cukup hanya dengan pendekatan konvensional yang, seperti unjuk rasa. Banyak cara-cara lain yang bisa ditempuh dan berbasiskan norma-norma akademik seperti seminar yang diadakan di Unjani ini. Selain itu aksi unjuk rasa mahasiswa yang selama ini dilakukan tidak sedikit yang ditunggangi oleh berbagai kepentingan politik dan tidak jarang berujung dengan anarkhis.

Sementara itu KPPRHIS Hadinegoro (Budayawan Unjuani) menyampaikan bahwa bangsa Indonesia sekarang ini cenderung pragmatis, bengis,kejam. Padahal fitrah manusia adalah suci dan akar budaya bangsa kita tidaklah demikian. Mahasiswa memiliki kultur ilmiah yang kuat. Oleh karena itu, segala pola pikir, pola sikap, dan  tindakan mahasiswa harus berlandaskan pada kultur tersebut. Selain itu kampus haruslah menumbuhkembangkan sikap kritis dan ilmiah bagi mahasiswanya, dan menjauhkan dari sikap kekerasan dan nilai rendah kemanusiaan lainnya.

(Hendra Budiman,Ridwan/MaI)

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com