You are here:

PERDA DINIYAH TAKMILIYAH KOTA BANDUNG

PDFCetakEmail

diniyah

Bandung, Tujuan dari Pendidikan Nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa juga meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta  berakhlak mulia. Pendidikan yang didapatkan tunas bangsa ini merupakan sebuah bekal untuk menghadapi tantangan perubahan kehidupan baik secara lokal, nasional maupun global.

Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan terpaan budaya asing yang dahsyat terjadi di Indonesia, banyak kawula muda mengikuti trend tanpa mengindahkan etika dan moral yang berlaku. Dengan demikian diperlukan adanya upaya untuk memberikan pendidikan agama Islam yang memadai sekaligus sebagai pelengkap pengajaran pada setiap jenjang pendidikan melalui Diniyah Takmiliyah, dan perlu adanya Peraturan Daerah (Perda) yang mengaturnya.

Rapat Kerja Peraturan Daerah (Perda) yang diadakan di Hotel Kedaton Jl. Suniaraja Bandung membahas “Usulan Rancangan Peraturan Daerah Kota Bandung tentang Pendidikan Diniyah Takmiliyah” yang dihadiri oleh perwakilan Dinas Pendidikan Kota Bandung, Kabagkesra, Kementrian Agama dan bidang Hukum, sedangkan anggota Pansus yang hadir dari Partai Demokrat, PKS, Gerindra dan Golkar, dan PDIP berhalangan hadir (26/9).

Menurut Ketua Pansus 7, Drs. Katmadja mengungkapkan terjadi perbedaan pendapat mengenai judul “Wajib Belajar Diniyah Takmiliyah untuk Anak SD Kelas 2 – 4” antara anggota Pansus dengan pihak eksekutif dari bidang Hukum dan Dinas Pendidikan. Pansus menghendaki pendidikan Diniyah Takmiliyah menjadi “wajib” sedangkan pihak eksekutif berpendapat sebaliknya.“Jika Perda Diniyah Takmiliyah diputuskan menjadi “wajib” maka implikasinya terhadap anggaran, Pemerintah Daerah Kota Bandung harus menyediakan anggaran untuk kelancaran pelaksanaan pendidikan Diniyah Takmiliyah”, tambahnya.

“Pemerintah diharapkan mempunyai perhatian, ini kan sudah jelas di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengan Daerah (RPJMD) Kota Bandung sebagai kota agamis”, tegasnya.

Menurut Drs. H. Mualip dari Kementrian Agama Kota Bandung mengungkapkan bahwa pengajuan Perda Diniyah Takmiliyah ini sudah lama tapi baru terakses sekarang-sekarang tahun 2012 ini. Kota Bandung sudah tertinggal dengan Kabupaten/Kota lain di Jawa Barat yang sudah mengesahkan Perda Diniyah Takmiliyah, Kabupaten Bandung Barat saja yang baru melakukan pemekaran sudah memiliki Perda ini.  “Pelaksanaan pendidikan Diniyah Takmiliyah sebenarnya sudah berjalan, hanya saja belum ada Perdanya,” tambahnya.

Kota Bandung telah memiliki 1.454 Madrasah, 8.435 orang ustad dan ustadzah serta ada 89.946 orang santri yang sudah menjalankan pendidikan Diniyah Takmiliyah, Oktober 2012 nanti Perda  Diniyah Takmiliyah dapat disahkan dan sudah efektif pada tahun ajaran 2013 nanti.(Novie/MaI)

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com