You are here:

FESTIVAL SAINS DAN TEKNOLOGI DI UIN BANDUNG

PDFCetakEmail

uin

Bandung, Masih jarang masyarakat yang tahu perihal keberadaan Fakultas Sains dan Teknologi di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, hal ini karena UIN yang dulu bernama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) identik dengan fakultas-fakultas yang berbau agama. Senat Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi setiap tahunnya menggelar festival dengan tema yang berbeda-beda untuk menunjukan eksistensinya di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Menurut Ketua Pelaksana Winda Lestari, Science Tech Festival tahun 2012 bertema “Mewujudkan Fakultas Sains dan Teknologi Sebagai Kampus Riset yang Melahirkan Ilmuwan Muda Islam” yang diadakan di Aula UIN Sunan Gunung Djati Bandung Jl. A. H Nasution No. 105 Bandung (6/10). Winda mengatakan bahwa festival ini sudah memasuki tahun ketiga, dengan konsep yang berbeda. Festival ini terdiri dari berbagai rangkaian acara seperti karnaval, seminar & workshop, lomba karaya ilmiah, pameran sains dan teknologi, serta pelatihan wirausaha.

“Harapan kita selanjutnya dengan kultur akademik di UIN tidak sebanding/jauh dengan kampus lain, dengan hadirnya festival-festival ini bisa memperkaya dan menumbuhkan kualitas kita sebagai mahasiswa Sains dan Teknologi,” tegasnya.

Winda menambahkan, pembicara dalam workshop “Penulisan Karya Tulis Ilmiah” adaah Bapak Mada Sanjaya W. S., P.h.D yang merupakan dosen Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Ini dilakukan karena adanya surat edaran DIKTI yang mewajibkan terbitnya jurnal bagi mahasiswa sebelum lulus, maka dari itu workshop ini perlu diadakan untuk mengetahui bagaimana cara menulis karya ilmiah yang baik dan benar.

“Pembicara pada seminar dan workshop berasal dari dosen UIN sendiri, mereka sangat mahir dalam bidangnya masing-masing. Kita tidak mengangkat dari luar tapi mengangkat dari dalam dulu,” tambahnya.

Fakultas Sains dan Teknologi memiliki 7 Himpunan Mahasiswa (HIMA) dan 3 Bandan Semi Otonom (BSO), mereka membuka stand-stand di pelataran aula UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan memperkenalkan prodak-prodak himpunan yang disesuaikan dengan bidang keilmuannya masing-masing. Adapula festival jajanan, dengan mengangkat tema wirausahanya dengan membuat sebuah prodak yang unik-unik.(Novi/MaI)

 

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com