You are here:

Kapal "James Bond" Dilelang Online

PDFCetakEmail

CALIFORNIA (MaI) - Kini nasib kapal asli yang menginspirasi film James Bond terkatung-katung. Tapi, Anda dapat membelinya di laman perdagangan online serupa eBay untuk keperluan militer, GS Auctions.

Kapal yang dinamai Sea Shadow menjadi kapal pertama  di dunia yang dibuat secara sembunyi-sembunyi. Kapal ini merupakan kapal eksperimental rahasia yang dibangun untuk Angkatan Laut Amerika Serikat sekitar 1980 dengan biaya sebesar US$190 juta. Sekarang kapal ini bisa menjadi milik Anda. Tapi, jangan berharap untuk berlayar dengan Sea Shadows. Kapal seberat 563 ton ini dijual untuk pembongkaran.

Seperti dikutip dari laman Dailymail.co.uk, sudah ada penawaran yang masuk. Penawar tertinggi sementara adalah sebuah dealer penyelamatan yang mengajukan US$100.420.  Produksi kapal berlangsung selama 1982-1985. Tapi, publik tidak menyadari keberadaannya sampai 1993. 

Kapal dengan panjang sekitar 50 meter dan lebar 22 meter ini mampu menjelajah hingga maksimum 14 knot. Sea Shadow dikembangkan oleh lembaga peneliti Angkatan Laut AS, Defense Advanced Research Projects Agency  bekerjasama dengan perusahaan antariksa dan rudal Lockheed Martin. Angkatan Laut tidak pernah mengoperasikan kapal untuk keperluan militer. Kapal ini malah hanya digunakan untuk mengevaluasi teknologi baru pada lingkungan laut sebelum berakhir mendekam di galangan kapal California, AS.

Pihak berwenang berharap menemukan museum yang bersedia menampung Sea Shadow. Sayang, sekarang kapal ini mengakhiri perjalanannya dengan dijual. Sejak September 2006, AS menghentikan pelayaran Sea Shadow. Angkatan Laut AS telah menawarkan kapal ini hingga Februari 2009, tapi tidak seorangpun yang merespon.

Sea Shadow memiliki desain Swath Water Plane Area Twin Hull (SWATH). Sisi miring kapal memanjang hingga mencapai torpedo di bawah permukaan air. Bentuk lambung memberi stabilitas luar biasa dalam cuaca buruk. Desain ini juga membuat Sea Shadow tidak tampak di radar. Siapapun yang ingin bergabung menawar Sea Shadows harus memiliki tabungan sebesar US$10.000. Lelang ditutup Kamis, 4 Mei 2012. (Ridwan/MaI)

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com