You are here:

ENERGI, UNTUK DUNIA YANG TAHAN LAMA

PDFCetakEmail

pameran

Bandung, Sumber  energi  yang terus-menerus dieksploitasi lambat-laun keberadaannya akan semakin berkeurang bahkan juga bisa lenyap, sedangkan kebutuhan manusia senantiasa bertambah. Dengan demikian, perlu adanya solusi bersama untuk mencari alternatif-alternatif lain untuk tetap memenuhi kebutuhan manusia terhadap energi.

Centre Sciences, organisasi dari Region Center (Orleans) France bekerjasama dengan Institut Francais D’Indonesie (IFI) mempromosikan budaya ilmiah dalam bentuk pameran. Pameran ini bertajuk “Energi, Untuk Dunia Yang Tahan Lama” diselenggarakan di 3 kota besar di Indonesia, yaitu Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Bandung menjadi kota pertama diselenggarakannya pameran ini, dengan pembukaan pada 15 Oktober yang lalu dan terus berlangsung hingga 27 Oktober mendatang. Pameran ini diselenggarakan di Gedung Indonesia Menggugat (GIM) Jl. Perintis Kemerdekaan No. 5 Bandung dan dibuka dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Pameran ini dibuat untuk menunjukkan betapa pentingnya bagi negara dunia ketiga untuk mendapatkan informasi tentang energi dan pengembangan energi terbarukan dari negara maju.

Menurut Maya, guide dalam pameran ini mengungkapkan materi pameran berasal dari penelitian pusat ilmu pengetahuan di Kota Orleans, Prancis. Secara sederhana pameran ini bertujuan untuk mensosialisasikan energi pengganti atau energi yang dapat terbaharui, contohnya energi angin yang dapat dimanfaatkan untuk menggerakan kincir angin di Belanda yang sudah ditemukan sejak abad ke-12, kita kembali kepada kebijaksanaan alam tapi dengan teknologi yang lebih murah.

“Pameran ini terbuka untuk umum dan kita sengaja undang secara khusus sekolah-sekolah SMA dan SMP karena materi ini sangat dekat dengan mereka”, tambahnya.

Pameran ini mengajak masyarakat untuk memahami relasi antara energi dan pembangunan, berbagai kesulitan dalam penyediaan energi, konsekuensi apa saja yang diakibatkan oleh perubahan iklim ketika kebutuhan akan energi semakin meningkat serta berbagai permasalahan lainnya dipaparkan melalui papan penjelasan bilingual dan percobaan interaktif.

Maya menambahkan bahwa Guide pada pameran ini yang berjumlah 5 orang merupakan tenaga sukarelawan yang disiapkan khusus untuk acara ini dan sudah melewati pelatihan khusus selama 4 hari oleh tenaga ahli dari Centre Sciences Guy-Antoine Dufourd. Pameran bertajuk energi ini dapat dinikmati secara gratis.(Novi/MaI)


Newer news items:
Older news items:

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com