You are here:

Uruguay Legalkan Aborsi

PDFCetakEmail

aborsi

Uruguay: Parlemen Uruguay akhirnya melegalkan aborsi, Kamis (18/10). Syaratnya: kehamilan belum melewati pekan ke-12. Keputusan ini terang memicu kontroversi. Apalagi mayoritas masyarakat Uruguay adalah pemeluk agama Katolik Roma. Aktivis pro dan antiaborsi mengkritik undang-undang yang mereka sebut sebagai kompromi.

Aktivis proaborsi mengatakan akan ada banyak nyawa terselamatkan andai aborsi dilakukan secara legal dan aman. "Dengan UU ini, kita bergabung dengan negara-negara maju yang telah membebaskan aborsi. Hal itu bukan sebuah pelanggaran hukum," kata Senator pemerintah Luis Gallo.

Aktivis proaborsi juga menolak perubahan proposal yang memaksa perempuan harus memberikan argumen pada panel ahli kenapa mereka ingin mengakhiri kehamilan. Setelah itu, mereka harus menunggu beberapa hari atau periode perenungan, sebelum mengambil keputusan akhir.

Politisi antiaborsi mengatakan pemerintah harus lebih mempromosikan adopsi anak dan bukan aborsi. "Aborsi bukan tindakan medis. Hal itu tidak melindungi dan menjaga kesehatan pasien," kata Senator oposisi Alfredo Solari.

Aborsi legal dan dapat dilakukan di rumah sakit mana saja di Kuba. Aborsi juga diizinkan di banyak negara bagian Meksiko sepanjang kehamilan belum berusia 12 minggu.

Sedangkan di negara Amerika Latin lainnya, aborsi hanya diizinkan dalam kasus pemerkosaan atau jika kehamilan mengancam jiwa perempuan.(BBC/ICH)

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com