You are here:

Presiden Filipina Umumkan Negara dalam Bencana Nasional

PDFCetakEmail

Manila: Presiden Filipina Benigno S. Aquino III telah mengumumkan negara dalam bencana nasional. Pengumuman dilakukan setelah kehancuran akibat Topan Bopha di Filipina Selatan. Hal itu dikatakan seorang pejabat senior pemerintah, Sabtu (8/12).

Wakil juru bicara kepresidenan Abigail Valte dalam wawancara dengan radio yang dikelola negara mengatakan, Aquino menandatangani Pengumuman No. 522 yang menyatakan keadaan bencana nasional Jumat malam setelah ia kembali dari kunjungan ke daerah yang dilanda topan Bopha di Provinsi Compostela Valley dan Davao Oriental.

"Deklarasi keadaan bencana nasional akan mempercepat upaya penyelamatan, bantuan dan rehabilitasi oleh pemerintah dan sektor swasta, termasuk bantuan kemanusiaan internasional, dan efektif akan mengendalikan harga bahan pokok serta komoditas untuk daerah yang terkena bencana," kata pengumuman itu.

Valte mengatakan, pengendalian harga hanya mencakup daerah yang rusak parah akibat gangguan cuaca. Ini termasuk Provinsi Compostela Valley, Davao Oriental dan Davao del Norte di Wilayah XI, Surigao del Sur di Wilayah Caraga, Lanao del Norte, Misamis Oriental dan Cagayan de Oro City di Wilayah X, Siquijor di Wilayah VII, dan Palawan di Daerah IV-B.

Deklarasi tersebut juga mengharuskan mekanisme bantuan kemanusiaan internasional yang dilaksanakan sesuai dengan "Pengurangan Risiko Bencana Filipina dan UU Pengelolaan tahun 2010".

Selanjutnya akan dilakukan unit-unit pemerintah daerah untuk memanfaatkan dana masing-masing bencana guna penyelamatan, bantuan dan rehabilitasi konstituen mereka.

Data terbaru yang dirilis pada Sabtu (8/12) oleh Dewan Pengelola Pengurangan Risiko Bencana Nasional (NDRRMC) menunjukkan bahwa korban tewas telah mencapai 456, sementara 533 lainnya masih hilang. Perkiraan biaya kerusakan infrastruktur, pertanian dan properti pribadi mencapai sekitar empat miliar peso (sekitar satu miliar dolar AS). (Antara)

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com