You are here:

10 Bulan Malaria Bunuh 37 Orang di Kamboja

PDFCetakEmail

Phnom Penh: Sebanyak 37 warga Kamboja tewas akibat terserang penyakit malaria dalam sepuluh bulan pertama tahun ini. Angka tersebut turun 42 persen jika dibandingkan 64 kematian dalam periode yang sama tahun lalu.

Laporan yang dirilis Pusat Pengendalian Malaria Nasional Kamboja, Sabtu (8/12), menyebutkan ada 59.104 kasus malaria selama periode tersebut. Angka tersebut turun 32 persen dari 86.964 kasus malaria dalam kurun waktu yang sama tahun lalu.

Menurut dokter Char Meng Chuor dari Pusat Pengendalian Malaria Nasional Kamboja, penurunan korban jiwa dan kasus malaria berkat kampanye peningkatan kesadaran dan pembagian jaring nyamuk kepada kelompok orang yang rentan terhadap penyakit tersebut.

Ia mengungkapkan kasus kematian yang masih tergolong tinggi umumnya disebabkan oleh kecenderungan penderita yang masih menjalani pengobatan sendiri. Selain tidak efektif, metode itu juga menyebabkan penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk itu semakin parah.

"Mereka baru datang ke rumah sakit ketika sudah parah, yang akan menjadi sangat terlambat untuk disembuhkan," kata Meng Chuor.

Penyakit malaria di Kamboja seringkali menjangkit pada musim hujan. Kasus penularan umumnya terjadi di beberapa provinsi dekat perbatasan, provinsi pegunungan dan wilayah dekat hutan.

Meng Chuor mengatakan negara ASEAN itu telah berkomitmen untuk memberantas kasus kematian akibat malaria pada 2015. Dengan target itu, Kamboja membutuhkan anggaran 131 juta dolar AS. Selama tahun 2011, malaria menelan 98 korban jiwa di Kamboja (Antara/MaI)

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com