You are here:

BURUH BANDUNG RAYA UNJUK RASA DAN MOGOK NASIONAL

PDFCetakEmail

unras buruh bandung

BANDUNG RAYA (MaI.com) Ribuan buruh di kawasan Bandung Raya melakukan aksi unjuk rasa dalam rangka mogok nasional buruh (monas)  (28/10/13).

Buruh dari sepuluh serikat kerja di Kabupaten Bandung mendatangi Kantor Pemkab Bandung yang berlokasi di Jl. Raya Alfathu, Kec. Soreang, Kab. Bandung. Awalnya buruh melakukan konsolidasi dan mobilisasi massa (sweeping) ke pabrik-pabrik dengan kawalan aparat Polres Bandung di wilayah Kopo, Katapang, Soreang, Banjaran, Majalaya, Rancaekek, Solokan Jeruk dan Margaasih.

Tuntutan yang disampaikan buruh, yaitu: menuntut kenaikan UMK  Kabupaten Bandung pada 2014 sebesar Rp 2.750.000,-. Tampak hadir pada kesempatan tersebut, diantaranya: Uben Yunara, Ketua FSPSI Kab. Bandung, Adang, Ketua KSPSI Kab. Bandung dan  Usman Firdaus, Ketua DPC SBSI 92 Kab. Bandung.

Sementara itu, ribuan buruh juga melakukan konvoi dan sweeping ke pabrik-pabrik di kawasan Kota Cimahi. Sesampainya di Kawasan Kantor Pemerintah Kota Cimahi, mereka menuntut kenaikan UMK Kota Cimahi pada 2014 sebesar Rp 2,7 Juta.

Aksi ribuan buruh yang di Cimahi dimotori oleh Aliansi Serikat Pekerja/Serikat Buruh Kota Cimahi, yang terdiri dari SPSI, SBSI 92, FSPMI, SPN dan KASBI. Pada kesempatan tersebut buruh Cimahi mengancam akan melakukan mogok daerah di Kota Cimahi bila tuntutan yang disampaikannya tidak dipenuhi.

Hasil pantauan kontributor MaI.com bahwa sebagian besar perusahaan masih tetap melakukan kegiatan kerja/produksi walau dalam jumlah terbatas karena pihak manajemen telah mengutus perwakilan buruhnya untuk mengikuti aksi unras tersebut. Aksi ini pun dinilai sebagai aksi pemanasan kncana aksi mogok nasional akan berlangsung hingga 30/10/2013 mendatang. Mungkin hal inilah yang mendasari sweeping tetap dilakukan buruh, sekalipun jam kerja mendekati usai di setiap perusahaan di Kota Cimahi. (Norman/MaI.com)


Related news items:
Newer news items:
Older news items:

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com