You are here:

ANGGOTA BIN GADUNGAN TIPU DUA KORBAN

PDFCetakEmail

bin gadungan

BANDUNG (SINDONEWS.com/MaI.com)- Unit Ekonomi? Satreskrim Polrestabes Bandung berhasil menangkap Muhamad Jul (43), anggota Badan Intelijen Negara (BIN) gadungan. Dia terbukti melakukan pemalsuan identitas sekaligus penipuan.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Mashudi dalam mengatakan, dalam menjalankan aksinya Jul mengaku sebagai anggota BIN dan selalu membawa identitas, tanda pengenal, dan senjata airsoft gun sebagai pelengkap.

"Tersangka ini mengiming-imingi korban yang mau menjadi anggota BIN dengan syarat membayar Rp22,5 juta," jelasnya, Selasa (21/10/2014).

Dalam aksinya, anggota BIN gadungan itu telah berhasil menipu dua orang korban. Satu korban telah membayar penuh, sementara satu korban lainnya baru membayar Rp15 juta sebagai uang muka.

Seusai bertransaksi, kedua korban pun mendapat surat tugas dari Jul. Sementara, tanda pengenal dan perlengkapan lainnya akan diberikan dalam waktu dekat.

"Namun setelah dilakukan pengecekan, ternyata surat tugas itu palsu. Dan akhirnya tak berapa lama tersangka bisa kita tangkap," katanya.

Dari tangan tersangka, polisi berhasil mengamankan beberapa barang bukti seperti dua tanda pengenal BIN palsu, surat perintah palsu, dan satu pucuk senjata airsoft gun jenis FN.

Di tempat yang sama, Jul mengaku mendapat tanda pengenal dan atribut BIN dari seorang temannya berinisial R. Menurutnya, dalam kasus ini dia hanya diberi tugas untuk merekrut korban.

"Saya awalnya dijanjikan oleh R bayar Rp22,5 juta biar jadi anggota BIN. Dan saya juga lakukan hal yang sama kepada dua korban selama empat bulan terakhir ini," tuturnya.

Jul mengatakan, untuk mendukung aksinya dia selalu melengkapi diri dengan senjata airsoft gun yang juga pemberian R. "Bawa pistol ya biar orang-orang percaya saja. Terus saya mau jadi anggota BIN cuma buat gagah-gagahan saja."

Kini, Jul ditahan di Rutan Satreskrim Polrestabes Bandung. Dia dijerat  Pasal 378 KUHPidana mengenai penipuan. "Ancaman hukumannya di atas lima tahun penjara," tegas Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP M. Ngajib. (Red)


Related news items:
Newer news items:
Older news items:

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com