You are here:

BANDUNG JUARA, INDONESIA JAYA!

PDFCetakEmail

Bandung [MAI] - Yel yel “Bandung Juara, Indonesia Jaya, Salam NKRI, Damai Bersatu!” menggema di acara Deklarasi Bandung Untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (30/10) di Stadion Siliwangi, Jl. Lombok No. 10, Kota Bandung.

 

Ribuan warga dari berbagai suku, agama, organisasi dan komunitas masyarakat akan mengikuti kegiatan Deklarasi Bandung untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), di Stadion Siliwangi. Deklarasi ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil dalam orasinya mengungkapkan bahwa Deklarasi Bandung untuk NKRI untuk menjadi pengingat akan nilai-nilai Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, perdamaian, kerukunan hidup dan nasionalisme.

“Kegiatan ini kumpulan dari orang-orang yang mempunyai harapan dan semangat mengenai wilayah Bandung yang damai bersatu demi NKRI. Deklarasi nanti akan berisi nilai-nilai dari pilar kebangsaan kita,” ujar Ridwan Kamil, Minggu (30/10/2016).

Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan acara ini sangat penting dilaksanakan. Sebab belakangan Indonesia dirundung banyak masalah, mulai lunturnya nilai-nilai kebangsaan, kerukunan, nasionalisme dalam pelaksanaan pembangunan.

“Saat ini sejumlah peristiwa dan fakta menunjukkan sikap intoleransi, radikalisme, separatisme dan pelaksanaan kehendak yang inkonstitusional dari sebagian kelompok masyarakat,” tambahnya.

Seluruh warga dari berbagai elemen dan usia berkumpul di lapangan rumput Stadion Siliwangi untuk bersama-sama mengucapkan deklarasi. Deklarasi dibacakan oleh anak usia sekolah dasar dan kemudian diikuti oleh masyarakat lainnya.

Berikut isi dari deklarasi tersebut. Bandung untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Dengan nama Tuhan yang Maha Esa, kami warga Kota Bandung berjanji:
1. Menjunjung tinggiPancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI
2. Menghormati dan menghargai perbedaan suku, agama, ras, serta golongan yang sesuai perintahnya.
3. Membela kebenaran, keadilan dan perdamaian.
4. Gotong-royong berperan aktif memakmurkan negeri.
5. Memuliakan keluarga sebagai fondasi utama menghasilkan generasi yang kuat.

Acara yang dihadiri sekitar 2 ribu orang ini diramaikan juga dengan pementasan seni budaya dari berbagai perwakilan daerah di Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan parade marching band dari Secapa AD.

Selain beberapa perwakilan organisasi kemasyarakatan, Tokoh lintas Agama, Ormas Pemuda, pelajar, mahasiswa, dan berbagai komunitas di Kota Bandung, hadir pula para perwakilan Perwakilan Forum Silaturrahmi Kerajaan se Nusantara Indonesia (FSKNI), diantaranya YM Sultan Sepuh XIV (Keraton Kesepuhan Cirebon), Bunda GKRA Koes Wandansari (Keraton Surakarta Hadiningrat Solo), KGPH Abdulgani Natadiningrat (Keraton Kacirebonan).

Selanjutnya hadir pula KP WIRABUMI (Keraton Surakarta Hadiningrat Solo), Datuq Sri Adil Freddy Haberham SE (Keraton Deli Sumut), Bunda GKRA Koes Indriyah SE (Keraton Surakarta Hadiningrat Solo), Dr. H Adji Pangeran Hari Gondo Prawiro MM (Keraton Kutai Kertanegara), L Satria Wangsa (Kedatuan Lombok), Dra Hj RAy Yani S7 Kuswodidjoyo D (Wakil Sekjen /PLT Sekjen – Trah Kes Madura-Jogya), A.A Ngurah Agung Wirabima Wikrama ST. M.Si. (Wakil Sekjen – Puri Denpasar Bali), Hj. Mulyana Hisyam SH. MM. (Wakil Sekjen Trah Kes Mamuju), Rr Mira Yuliani (Istri Sekjen mewakili dari Kes Dompu NTB), Hj Datu Pocut Haslinda (Bendum – Kes Aceh), Bunda YM St Youdhi P (Wakil Bendahara – Kes Indrapura Sumbar), Andi Madusila (Raja Gowa dari Kesultanan Gowa Sulsel), Ir. R Soegihariyanto (Ketua Bidang Lingkungan Hidup – Trah Ker Majapahit Jatim), Dr. Hj Rustuti Rumagesan SH (Bid Politik, Hukum dan Advokasi – Ker Sekar Papua Barat Korwil Papua), Drs I Made Raka Sedana (Wakil Bendahara – Bali), Prof Dr Muh Asdar SE (Bid Adat, Seni Tradisional dan Budaya – Kes Maros Sulsel), Datuk Abdul Hamid (Korwil Kalimantan – Kes Bulungan Kaltara), Teuku Rafli Pasya SE MM (Bidang Hubungan Luar Negeri – Kes Aceh), dan Ir. Jenny Helda Sarimanella (Bidang Komunikasi dan Kehumasan – Anak Raja Sarimanela Ambon)

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com