You are here:

SURAT EDARAN MUI JABAR TERKAIT GEJOLAK MASYARAKAT

PDFCetakEmail

BANDUNG (MaI) Majelis Ulama Indonesia Jawa Barat akan menyebarkan surat eradan terkait sikap MUI terkait penodaan Al Quran yang dilakukan Gubernur DKI Jabar Basuki Tjahaya Purnama (Ahok). Surat edaran dibuat mengingat masih banyaknya pengurus MUI kabupaten hingga desa yang belum paham.

Menurut Sekretaris MUI Jabar, KH Rafani Achyar, surat edaran dibuat bernomor 136/SE/MUI-JB/X/2016. Surat tersebut mengacu terhadap surat MUI Pusat.

Rafani Akhyar dalam pernyataan di depan wartawan menyebutkan bahwa banyak pengurus MUI daerah yang masih belum menerima dan belum faham terkait surat MUI Pusat, sehingga banyak diantaranya yang salah faham. Bahkan beberapa daerah menanyakan soal demo yang akan digelar 4 November 2016. "Memang kami akui surat MUI pusat itu ada yang belum terima sampai kepengurusan desa, ada juga yang tidak faham sehingga salah penafsiran. Dari itulah dipandang perlu membuat surat edaran," ujarnya, Senin, 31 Oktober 2016.

Surat edaran tersebut rencananya akan dikirim langsung sampai ke MUI tingkat desa.

Dalam surat edaran yang dibacakan Rafani Akhyar menyebutkan bahwa agar masyarakat Jawa Barat bersikap tenang dan tidak melakukan aksi main hakim sendiri, terkait penodaan Al Quran yang dilakukan Ahok. Kemudian masalah ini kami serahkan penanganannya kepada aparat penegak hukum.

Rafani Akhyar juga menegaskan bahwa tidak ada instruksi agar MUI di semua tingkatan turut serta melakukan aksi demonstrasi, apalagi menjadi fasilitator demonstrasi. "Meski MUI telah mengambil sikap bahwa pernyataan Ahok itu sudah kategori penodaan Al Quran, namun bukan berarti mendukung demo terkait itu, apalagi memfasilitasi," katanya.

Kemudian Rafani Akhyar juga meminta kepada seluruh pimpinan MUI Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan untuk tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang tidak jelas asal-usulnya. "Kita hendaknya melakukan tabayyun (klarifikasi) kepada pihak-pihak yang dianggap berkompeten," katanya. (RED/PR)


Newer news items:
Older news items:

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com