You are here:

EMPAT ALASAN MAHASISWA TOLAK KENAIKAN BBM

PDFCetakEmail

Bandung (MaI) Rencana pemerintah menaikan kembali harga BBM memicu banyak reaksi di masyarakat, terutama dari kalangan mahasiswa. Berangkat dari isu ini tercetuslah konsilidasi mahasiswa Indonesia.

Menurut Koordinator Kegiatan, M. Afdhal mahasiswa Indonesia harus bersatu untuk menolak kenaikan harga BBM demi kepentingan rakyat. Afdhal mengungkapkan alasan mengapa mahasiswa harus menolak kenaikan harga BBM.

Pertama, alasan fiskal yakni subsidi BBM akan memberatkan fiskal dan defisit. Tetapi alasan kenaikan BBM tidak bisa diterima dari perspektif fiskal begitu saja, karena jebolnya APBN tidak hanya berasal dari subsidi BBM saja melainkan banyak pengeluaran pemerintah yang terbuang percupa. Ia mencontohkan semisal uang jalan-jalan untuk pengambilan data di daerah yang seharusnya bisa dilakukan lewat email atau wesel. Ada pula kebiasaan pemerintah yang mengadakan pesta dan rapat di hotel-hotel mewah.

"Dalam hemat saya, lebih berguna anggaran kita habis untuk subsidi BBM daripada anggaran kita habis untuk dipakai kegiatan-kegiatan tidak penting, yang menikmati kue ekonomi BBM bisa lebih banyak daripada yang menikmati kegiatan-kegiatan pemerintah yang kurang penting seperti itu", ungkapnya.

Kedua, BLSM sebagai pengganti subsidi BBM formatnya hampir sama dengan BLT. Jika subsidi BBM dicabut maka akan terjadi inflasi dan kenaikan harga keseluruhan, dengan adanya BLSM tidak membantu meningkatkan pendapatan masyarakat miskin justru masih akan terjadi kesenjangan antara pendapatan masyarakat dengan harga barang, jasa yang semakin mahal.

"Kebiasaan untuk memberikan subsidi konsumsi, kecuali untuk penduduk yang tidak mampu secara fisik, akan memupuk budaya 'meminta-minta' (the nation of beggars) bukan budaya bangsa kerja dan produktif. Apa kita mau jadi the nation of beggars di masa yang akan datang.?", tegasnya.


Ketiga, BBM berasal dari sumber daya alam yang memiliki keterbatasan. Produksi minyak bangsa Indonesia semakin rendah, untuk mencukupi kebutuhan domestik bangsa ini harus mengimpor minyak tiap tahunnya. Berarti kita harus berbicara bagaimana menggenjot produksi minyak dalam negeri dan bagaimana melakukan mixed used energy dalam setiap kegiatan yang tidak terlalu membutuhkan BBM.

"Seharusnya pemerintah membangun kilang minyak baru, benahi dan prioritaskan transportasi publik, serta paksa kegiatan-kegiatan yang sumber energinya tidak harus dari minyak pakai sumber energi lain. Jika kita masih berdebat tentang harga minyak dunia yang naik, mengenai impor minyak yang membuat kita terus menjadi korban globalisasi tanpa mengindahkan nasib masyarakat kita sendiri di masa depan", ungkapnya.

Keempat, tontonan politik bangsa ini semakin ngawur. Semua berteriak kepentingan kelompok. Ada tanggapan partai politik terhadap BLSM, yang dituntut oleh partai-partai politik kepada penguasa adalah program BLSM hanya akan menjadi alat pencitraan politik baru bagi partai penguasa hingga partai penguasa bisa langgeng di Pemilu 2014. (Novi/MaI.com)

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com