You are here:

MENGURANGI ANGKA GOLPUT PADA PILKADA KOTA BOGOR

PDFCetakEmail

pusaka

Bogor (MaI) Menjelang dilaksanakannya pemilihan Pemilukada Walikota Kota Bogor 14 September 2013 mendatang, LSM Pusaka Bogor menyelenggarakan kegiatan Dialog Interaktif yang bertemakan "Menyadari pentingnya partisipasi masyarakat dalam Pilkada kota Bogor agar tidak golput serta mengawal kepentingan hukum demi terciptanya keamanan, ketertiban masyarakat kota Bogor menjelang terpilihnya walikota yang amanah".

Acara tersebut menghadirkan sejumlah tokoh Narasumber dan dihadiri oleh para kandidat calon Walikota Bogor, serta sekitar 200 orang mahasiswa terdiri dari mahasiswa BEM Unpak, Unida, UIK dan IPB se-Kota Bogor ikut menghadiri acara tersebut.

Dalam sambutannya Andi Suryawijaya SH, Ketua Yayasan STIH Andigha mengatakan bahwa Dialog ini merupakan salah satu kegiatan yang cukup kontributif dan konstruktif dimana kita dituntut untuk peduli terhadap kesinambungan pembangunan politik di Daerah.

Menurut data di Pilgub Jabar Golput di Kota Bogor mencapai 35% oleh karena itu perlu memberikan pemahanan karena banyak faktor dan banyak persoalan sekitar masalah golput yang masih terus harus digali dan didiskusikan, tambahnya.

Sementara itu KPU mengajak dan menghimbau untuk mensukseskan pilkada berjalan satu putaran saja, karena biaya dan harganya mahal, untuk pilwalkot menghabiskan biaya Rp 30 Milyar biaya KPU, Panwas, dan kepolisian, Agus Teguh Suryaman SH MA, Ketua KPU Kota Bogor dalam sambutannya.

Ahmad Ruhyat, kandidat cawalkot paslon no urut 3, mengatakan Pemda memiliki 3 peran yakni fungsi melayani masyarakat, mengembangkan masyarakat dan fungsi melindungi masyarakat (public service function, development function dan protection functian).

Dr Endin Mujahidin, mewakil rektor Universitas Juanda, mengatakan Golput merupakan masalah nasional di Pilgub DKI golput mencapai 36%, di Pilgub Jabar 35%  dan dalam Pilwalkot kota Bandung mencapai 42 %, di pilgub Jateng 49%. Hal ini berbeda dengan Pilwalkot Solo tahun 2010 ketika Jokowi  Menang Golput 10%. Fenomena ini harus diatas dengan secara bersama dengan menghadirkan calon kepala daerah yang dipercaya dan dapat meyakinkan masyarakat.

DR Beddy Irawan, Dekan komunikasi politik Univ Juanda, Golput itu akibat adanya kecendrungan ketidakpercayaan masyarakat sehingga parpol seharusnya melakukan pendidikan politik bukan hanya 5 tahun sekali , seharusnya pendidikan politik itu sepanjang tahun dilakukan oleh parpol karena itu adalah fungsi parpol yang tidak berfingsi.

Prof Bintatar Sinaga, mewakili Rektor Unpak, masalah hukum dan kamtibmas akan banyak dalam perhelatan pemilu antara lain kampanye negatif, black campaingne dan money politic yang bisa menimbulkan konflik.

Gartono, calon wakil walikota independen paslon no urut 1, Golput di dunia barat sangat biasa bahkan di AS bisa mencapai 50 sampai 60 persen, namun yang terpenting adalah legitimasi kekuasaan dari hasil pemilu yang baik.

Galih Prawira, ketua panitia kegiatan yang mengatakan bahwa penyelenggara kegiatan ini bersifat netral, tidak berpihak pada salah satu konstestan tertentu, namun kegiatan ini didasari oleh kesadaran tingginya angka Golput di Kota Bogor. (Ian/MaI.com)


Related news items:
Newer news items:
Older news items:

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com