You are here:

Forki Gelar Pelatnas Karate Untuk SEAG XXVII

PDFCetakEmail

(MaI) - Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (PB Forki), Hendardji Soepandji, hari ini membuka secara resmi Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) karate untuk persiapan jelang SEA Games XXVII Myanmar tahun 2013 mendatang.

Hendardji mengatakan, pelatnas sengaja digelar lebih awal untuk bisa mengejar target juara umum, seperti yang diraih Forki dalam SEA Games XXVI Jakarta-Palembang kemarin.

Menurut Hendardji, untuk dapat menjadi juara umum kembali, pihaknya membutuhkan waktu persiapan yang cukup memadai. PB Forki kemudian berinisiatif tidak mau menunda-nunda program persiapan tersebut. Meski belum mendapat dukungan langsung KONI Pusat, namun PB Forki optimis pelatnas bisa berjalan maksimal.

"Pembiayaan pelatnas saat ini diambil dari kas Forki dan sponsor. Kalau dari Satlak Prima (Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas) Kemenpora, belum ada," ujar Hendardji di hall C Senayan, Jakarta, Senin 4 April 2012.

Meski belum mendapat dukungan dari KONI maupun Kemenpora, PB Forki saat ini telah memanggil sebanyak 36 karateka nasional untuk persiapan SEA Games nanti. Atlet-atlet tersebut merupakan hasil seleksi nasional (Seleknas) yang telah digelar 11 Maret lalu. Hendardji yang merupakan calon Gubernur DKI Jakarta itu menilai, saat ini para atlet tersebut merupakan atlet-atlet karate terbaik di Indonesia.

PB Forki memang memasang target juara umum di SEA Games mendatang, sehingga pelatnas sengaja digelar lebih dini. Ada empat tahapannya, persiapan umum, persiapan khusus, pra kompetisi, dan kompetisinya itu sendiri. "Kami tidak ingin main-main mempersiapkan SEA Games medatang. Jadi sudah seharusnya pelatnas segera digelar," kata Hendardji.

Tuan Rumah WKF Premier League

Selain untuk mempersiapkan gelaran SEA Games XXVII Myanmar, pelatnas juga digelar guna mempersiapkan agenda lain PB Forki tahun ini. Forki mendapat kesempatan menjadi tuan rumah ajang kejuaraan karate tingkat dunia, World Karate Federation (WKF) Premiere League. Rencananya, gelaran tersebut akan dihelat 23-24 Juni 2012 mendatang.

"Nanti yang turun para karateka senior. Ini ajang sangat bergengsi, dan Indonesia patut berbangga ditunjuk untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah. Ada beberapa negara yang memang kami waspadai di ajang tersebut. Misalnya Jepang, Iran, Turki, Perancis, dan Spanyol. Tapi kami siap menghadapi ajang tersebut. Target kami bisa tembus lima besar dunia," ujar Hendardji. (Vv/Ridwan/MaI)

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com