You are here:

Login Admin

Ingat Saya

PEMBENTUKAN KUBE DAN PENDIRIAN RUMAH BELAJAR

PDFCetakEmail

diklat kube

Bandung (MaI) Minggu siang (2/6) bertempat di sebuah rumah Kampung Haurbuyut, Desa Cibodas, Kec. Solokan Jeruk, Kab. Bandung terasa lain dari biasanya. Hari itu, sebanyak 44 orang warga mengikuti kegiatan bertajuk pembukaan Rumah Belajar dan Pembentukan Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Acara tersebut merupakan kerjasama dari Lembaga Kajian Independen (LKI), Gabungan Solidaritas Perjuangan Buruh (GSPB) Bandung Raya dan LSM Bahana Karya Insani.

Direktur LKI, Wawan Wanisar, ditemui pada kesempatan terpisah mengatakan bahwa kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan ruang partisipasi bagi masyarakat di kawasan tersebut dalam meningkatkan ekonomi keluarga dan menambah pengetahuan.

“Pembentukan rumah belajar dan kube berupa pembuatan pupuk kompos, semata-mata didasari oleh keinginan kami untuk kemajuan penduduk lokal di belakang industri KAHA Grup Solokan Jeruk serta meningkatkan partisipasi dalam pembangunan daerah, melalui kewirausahaan berbasis komunitas dan meningkatkan kompetensi dengan membuka ruang belajar bersama” papar pria kalem ini.

Sementara itu, Bendahara Utama GSPB Bandung Raya, Ati Fitria mengucapkan terima kasih atas bantuan dari LKI dan LSM Bahana Karya Insani. “Saya atas nama rekan mengucapkan terima kasih terkait bantuan ini, semoga bermanfaat bagi penduduk sekitar.”

Pada acara tersebut diberikan serangkaian perlengkapan untuk pembentukan Rumah Belajar, berupa buku-buku pelajaran, buku pengetahuan umum, alat tulis, komputer, meja belajar, etalase, dll. Semua itu, hasil sumbangan dari Komunitas Rumah Belajar “Mandiri”.

Acara diakhiri dengan pelatihan pembuatan pupuk kompos dari limbah rumah tangga. Pelatihan diberikan oleh instruktur dari PT Cipta Sinar Visi Kencana Bandung, Asep Wawan. Asep Wawan pada kesempatan tersebut mengajak agar setiap rumah tangga mengumpulkan limbah organiknya untuk diolah menjadi pupuk. (Ridwan/MaI.com)


Related news items:
Newer news items:
Older news items: