You are here:

SIFAT DERMAWAN MEMPERPANJANG USIA

PDFCetakEmail

 

PEMBERI SEDEKAH

INGGRIS (DREAMERSRADIO.COM/MaI.com) - Sifat dermawan adalah seseorang yang ringan tangan dan suka menolong sesamanya. Memiliki sifat ringan tangan yang suka menolong sesama ini selain membuat diri lebih dihormati dan disenangi oleh orang sekitar juga ternyata memiliki banyak manfaat. Penelitian menunjukkan bahwa sifat dermawan bisa memperpanjang usia seseorang.

Seperti dilansir dari healthland.time.com, relawan yang suka menolong orang memiliki banyak keuntungan.Orang yang suka mngunjungi orang sakit, ataupun terjun langsung di kegiatan sosial, dan melakukan berbagai kegiatan sosial tanpa pamrih ini memiliki efek yang baik terhadap tubuh dan jiwa. Selain efek sosiologis, sifat dermawan juga memberikan efek psikologis pada seseorang.

Sebuah studi terbaru yang dinyatakan dalam BMC Public Health yang merupakan hasil 40 studi menyatakan bawa efek yang ditimbulkan dari seseorang yang terjun langsung untuk melakukan kegiatan sosial seperti menjadi relawan di dapur umum, membantu para tunanetra dan berbagai kegiatan menolong orang di lingkungan sekitar lainnya mengurangi angka kematian dini sebesar 22% dibandingkan mereka yang tidak ringan tangan.

Hal ini juga dinyatakan oleh Dr Suzzane Richards dari University of Exeter Medical School di Inggris, megungkapkan bahwa sifat dermawan atau ringan tangan ini terkait dengan peningkatan rasa kepuasaan hidup, kesejahteraan diri, dan juga bisa mengurangi tingkat depresi. Efek berbuat baik inilah yang membuat seseorang merasa lebih baik dan mengurangi resiko bunuh diri dan serangan penyakit.

Selain itu, membantu orang lain memiliki banyak manfaat kesehatan seperti mencegah serangan jantung, stroke dan juga menurunkan resiko dementia atau pikun. Manfaat psikologis dan sosial dari sifat baik satu ini adalah dapat mengurangi rasa kesepian dan memacu perasaan menjadi nyaman dan senang. Ternyata menolong orang lain banyak sekali manfaatnya. (red)


Newer news items:
Older news items:

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com