You are here:

MENDADAK MEMAR

PDFCetakEmail

JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari kulit kita sering memar tiba-tiba. Namun itu bukan berarti tidak ada penyebabnya, kenali dulu yuk penyebab kulit menjadi memar! Dikutip WebMD, Selasa (29/9/2015), memar berkembang ketika pembuluh darah kecil di bawah kulit robek atau pecah. Luka memar paling sering terjadi karena jatuh atau benturan.

Biasanya kebocoran darah itu terjadi di dalam jaringan bawah kulit dan menyebabkan warna hitam dan biru. Memar biasanya akan sembuh dalam waktu dua hingga empat minggu.

Bahkan lama-lama luka memar juga sering berubah warna, termasuk hitam keunguan, biru kemerahan, atau hijau kekuningan. Kadang-kadang daerah memar menyebar ke tubuh sesuai arah gravitasi.

Begitu juga memar di kaki biasanya akan memakan waktu lebih lama untuk menyembuhkan dari memar pada wajah atau lengan.

Sayangnya, luka memar tidak menjadi perhatian khusus bagi sebagian orang. Memang dalam proses penyembuhan, cukup lakukan perawatan di rumah dengan cara mengurangi pembengkakan dan rasa sakit, yang sering menyertai memar yang disebabkan oleh cedera.

Tapi jika terjadi memar parah, bengkak, dan nyeri yang dimulai dalam waktu 30 menit dari cedera mungkin berarti masalah yang lebih serius, seperti keseleo atau patah tulang.

Orang dewasa yang lebih tua sering memar dengan mudah dari cedera ringan, terutama luka pada lengan, tangan, kaki, dan kaki. Sebagai lansia, kulit menjadi kurang fleksibel dan lebih tipis karena ada sedikit lemak di bawah kulit.

Pengaruh bantalan dari kulit pun akan menurun sebagai lemak di bawah kulit berkurang. Perubahan ini, bersama dengan kerusakan kulit dari paparan sinar matahari, menyebabkan pembuluh darah mudah pecah. Ketika pembuluh darah pecah, memar akan terjadi.

Bahkan wanita lebih mudah memar daripada pria, terutama muncul karena luka ringan di bagian paha, bokong, dan lengan atas.

Memar juga bisa terjadi tiba-tiba akibat pembekuan darah, dimana Anda usai beraktivitas berat dalam seminggu. Terlebih, memar juga bisa terjadi karena menunjukkan kelainan perdarahan, terutama jika memar disertai dengan sering mimisan atau gusi berdarah.

So, gimana setelah tahu penyebabnya, apakah Anda masih mau mengabaikan memar yang muncul tiba-tiba? (PR/OKeZone/RED)


Older news items:

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com