You are here:

WISATA PANGALENGAN, RIWAYATMU KINI

PDFCetakEmail

pangalengan

PANGALENGAN (MaI.com) Pangalengan merupakan salah satu Kota Kecamatan yang berada di Kabupaten Bandung dan berjarak 45 KM dari pusat Kota Bandung, dengan Luas wilayah 27.295 Ha dan Berpenduduk 130 Ribu Jiwa.

Menurut sejarah yang didapat, kawasan ini tadinya merupakan daerah perkebunan Teh dan Kina dan merupakan salah satu tempat peristirahatan kaum Kolonial belanda. Hal ini ditandai dengan Sisa-sisa bangunan perusahaan teh dan kina, Rumah Dinas Perkebunan serta Situ Cileunca yang fenomenal.

Pada dekade 80-90 an, Pangalengan pernah menjadi trendsetter wisata alam di daerah Bandung Raya. Perkebunan Teh dan Kina, Situ Cileunca, Peternakan Susu dan Kolam Panas Cibolang merupakan Andalan kota ini untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal. Saat itu wisata alam masih merupakan Favorit wisatawan  berkunjung ke suatu daerah.

Dengan seiringnya waktu, pola wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata mulai sedikit berubah. Daerah lain di kabupaten Bandung pada saat itu mulai sama-sama membangun tempat wisatanya. Sebagai contoh Ciwidey dengan potensi Air Panas Alamnya, Lembang dengan wisata Gunung Tangkuban Perahu, penginapan dan Kulinernya,karena berdekatan dengan kota Bandung.

Hal ini berdampak pada minat investor untuk menanamkan modalnya, dengan melihat potensi investasi keuntungan kedepan. Pangalengan dengan hanya menjual potensi keindahan Alam dan Hasil Buminya, tidak cukup bisa menarik para investor untuk ikut mengembangkan wisata didaerah ini. Beda sekali dengan daerah lain, contohnya ciwidey yang punya daya tarik wisata tersendiri, yaitu dengan menjual kekayaan alam berupa Kolam Air Panas. Sehingga Investor lain dibidang penginapan, bungalow, Kolam Air Panas, bermunculan akhir-akhir ini. Dan tidak hanya itu, program paket wisata pun ikut dikembangkan, seperti tempat outbond.

Sebenarnya, pemerintah Kabupaten Bandung sudah berusaha untuk coba mengenalkan potensi Pangalengan yang ada, termasuk daerah wisata dan kuliner khasnya berupa makanan ringan hasil olahan dari susu sapi. Hal ini bisa dilihat di salah satu situs milik PEMKAB Bandung sendiri.Tapi sampai saat ini wisatawan ke pangalengan masih dibilang kurang geliatnya dibanding ke daerah wisata di Kabupaten Bandung lainnya. Padahal Infrastruktur berupa Jalan Raya, Hotel Melati, Bungalow,Kampung Wisata,bahkan Sentra Oleh-oleh Khas Pangalengan mulai dari daerah masuk Banjaran sampai ke Ibu Kota Kecamatan Pangalengan terus di benahi bahkan sampai jalan kearah wisata Situ Cileunca dan akses menuju Garut pun sudah bagus.

Berdasarkan hasil pengamatan Kontributor MaI.com dan wawancara pada sebagian Warga Pangalengan, untuk tingkat kunjungan Wisatawan tidak seramai tempat lainnya. Hanya terkonsentrasi di wisata Situ Cieunca dan Cibolang saja. Itu pun mengandalkan hari sabtu dan minggu saja dari Rombongan Instansi Negeri dan Swasta saja yang akan beroutbond dilokasi tersebut.

Dengan melihat potensi  yang ada ditambah dengan pembenahan infrastruktur, harusnya kota Pangalengan harus bisa berkembang di bidang wisata alam, kulinernya bahkan Situs sejarahnya, asalkan ada sinergitas antara stakeholder yang terlibat.  Pemerintah daerah  dan Pengusaha harus sejalan dalam memfokuskan diri mengembangkan Pangalengan sebagai Daerah Tujuan Wisata yang mempunyai kekhasan tersendiri  yang bisa menarik Investor lain dan Wisatawan untuk berkunjung. Tidak hanya itu peran serta masyarakat pun perlu untuk dilibatkan.

Sarana Promosi yang ada selama ini perlu untuk dievaluasi lagi. Sarana penunjang lainnya pun perlu ditambah seperti : Media Baligo / Reklame dan penunjuk arah Ketempat Wisata  dengan menggandeng pihak swasta sebagai sponsorship pada media tersebut.

Dengan demikian mudah-mudahan Wisata Pangalengan kedepannya bisa lebih maju dan beragam. (Benny Norman/Mal.com)

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com