You are here:

PESONA WISATA PUNCLUT BANDUNG

PDFCetakEmail

punclut

BANDUNG (MaI.com) Punclut merupakan kawasan perbukitan yang letaknya sebagian masuk wilayah Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat (KBB). Setiap hari minggu pagi atau hari libur lainnya biasanya banyak sekali para pengunjung yang datang ke kawasan ini dengan tujuan berolah raga dan sekedar jalan-jalan untuk menikmati suasana dan keramaian yang ada. Hal ini disebabkan jalanan sepanjang daerah ini cukup menanjak, ditambah kesejukan udaranya yang segar.

 

Kira-kira sekitar belasan  tahun terakhir, Punclut berubah “suasananya” seiring dikenalkan tempat ini oleh masyarakat  Bandung  dan sekitarnya, ditambah seiringnya perkembangan wisata di kota Bandung dan kabubaten Bandung Barat itu sendiri. Perubahan itu terlihat dengan berjajarnya Rumah-rumah makan yang menyajikan makanan khas sunda seperti Nasi Timbel dan Ayam Goreng/Bakar serta aneka menu makanan khas sunda lainnya. Bahkan Restoran yang cukup mewah dan sarana permainan ketangkasan motor pun mulai di bangun di daerah ini.

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara pada beberapa pedagang serta penduduk setempat, untuk saat ini punclut lebih ramai didatangi tidak hanya dari warga Bandung dan sekitarnya, tapi juga dari luar kota dan jakarta baik di hari libur maupun hari biasa. Punclut yang tadinya ramai di hari minggu saja, sekarang di luar hari minggu pun tidak sedikit orang yang singgah kesana untuk makan siang atau sekedar ketemu relasi.  Dengan dibangunnya infrastruktur jalan yang menghubungkan Ciumbuleuit  ke Lembang dan daerah Dago,  maka Punclut bisa dijadikan Wisata Kuliner Alternatif di Bandung dan sekitarnya. Kesejukan udara dan pemandangan kota Bandung serta akses jalan yang sudah baik inilah yang menjadi nilai jual Pesona Wisata Punclut.

Pembinaan dari unsur pemerintah terkait, mesti perlu ditingkatkan jangan sampai dengan pertumbuhan wisata Punclut utamanya pembangunan rumah makan yang begitu pesat  atau sarana pendukung lainnya  saat ini,  kurang diperhatikan dari segi  penataan dan pengawasannya.
Pemerintah pun bisa mendorong daerah Punclut menjadi daerah tujuan wisata alternatif baik untuk kota Bandung maupun  Kabupaten Bandung Barat, dengan bekerja sama mempromosikannya.? (NORMAN/MaI.com)


Related news items:
Newer news items:
Older news items:

Info Olahraga

LARANGAN JILBAB DALAM ASEAN GAMES 2014 SEOUL (REUTERS/MaI.com) Informasi tak sedap muncul dari pertandingan Asean Games 2014, larangan menggunakan jilbab menyebabkan beberapa atlet mengundurkan diri dari cabang olahraga yang mereka geluti. Salah satunya tim putri bola basket asal Qatar yang resmi mengundurkan diri karena beberapa pemainnya menggunakan jilbab....
Baca selengkapnya...
GELORA BANDUNG LAUTAN API BANDUNG (MaI) Vladimir Vujovic,...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Entertainment

AVENGERS GEBRAK INDONESIA JAKARTA (MaI.com) Banyak sekali...
Baca selengkapnya...
SATU NASYID, PERSEMBAHAN PERTAMA BANDUNG (MaI.com) 22 Maret 2004...
Baca selengkapnya...
JIKA BINTANG K-POP JADI TENTARA SEOUL (MaI.com) Semua pria dewasa...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Seks & Kesehatan

MENDADAK MEMAR JAKARTA (MaI.com) Tanpa disadari...
Baca selengkapnya...
PENTINGNYA AURANSI KESEHATAN Asuransi merupakan upaya memindahkan...
Baca selengkapnya...
MA-MIN YANG TURUNKAN KOLESTEROL Kolesterol dapat dikategorikan...
Baca selengkapnya...
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com